Dalam sebuah sesi pelatihan motivasi, Saya pernah menyampaikan sebuah pertanyaan sederhana berikut ini : "Apa harga yang harus kita bayar untuk sebuah kesuksesan?" Dari pertanyaan tersebut, Saya belajar hal baru.
Ratusan peserta hadir dalam seminar tersebut, sebagai pembicara, saya berikan pendekatan yang lebih interaktif dan melibatkan. beberapa peserta saya berikan kesempatan untuk mengemukakan pikirannya dan menjawab pertanyaan yang tadi saya ajukan. Jawabannya luar biasa, beragam, dan variatif. "Apa harga yang harus kita bayar untuk sebuah kesuksesan?", ada yang menjawab : belajar, kerja keras, ketekunan, mimpi, kejujuran, jaringan, berbuat baik, doa, upaya, keberanian, fokus, disiplin, pantang menyerah, inovatif, kreatif, rajin, mengambil hikmah, tidak mudah sakit hati, sistem, keteguhan, luar biasa beragam jawaban yang muncul. Namun yang menjadi perhatian saya justru hal yang lebih sederhana, bahwa sebenarnya, siapapun kita, sebenarnya sudah mengetahui jawaban dari "Apa harga yang harus kita bayar untuk sebuah kesuksesan?", bahkan bila misalnya ada 300-400 peserta dalam sebuah seminar dan kita berikan satu-persatu kesempatan untuk menjawab, kita akan mendapatkan 300-400 jawaban yang berbeda!
Nah, dengan fakta ini, kenapa minoritas orang kita yang benar-benar meraih dan menikmati kesuksesan tersebut? Karena mayoritas dari kita "tahu" harganya, namun tidak cukup ngotot untuk "mau" membayar harga tersebut, sehingga tidak ada upaya untuk melunasi, atau bahkan sekedar mulai mencicil harga dari kesuksesan yang menjadi dambaan dari setiap kita.
Mengubah pola pikir merupakan pondasi dasar untuk perubahan ini, sekedar tahu tidak akan membuat kita bergerak, namun jika kita mau dan bergerak merupakan sebuah proses yang mendekatkan kita kepada kesuksesan. Mari memilih, menjadi sekedar tahu, atau beranjak untuk mau, melakukan, dan meraih yang kita impikan. Level Up! Yourself!
Faizal SurpluS MBA
Motivator | Pendiri SurpluS Institute
www.surplusinstitute.com
0 respon:
Posting Komentar