Serasa kemarin Saya duduk di bangku kuliah, menyimak pemaparan dosen mengenai sebuah konsep pemasaran yang disebut Marketing Mix. Teorinya menyatakan bahwa marketing mix atau terjemahan bebasnya bauran pemasaran adalah sebuah strategi pemasaran yang memuat banyak huruf P, yakni kuartet 4P yang terdiri dari :
- Product
- Price
- Place
- Promotion
Sebuah konsep yang ringkas dan ringan untuk dipahami, yang berakhir di catatan-catatan binder dan fotokopian materi kuliah, hingga pada akhirnya kembali digali setelah Saya memasuki dunia bisnis dan khususnya dunia karir saya di bidang pelatihan motivasi dan peningkatan kualitas SDM di bawah bendera SurpluS.
Dalam sebuah sesi pelatihan, saya diundang oleh rekan saya dari LaundryPlaza untuk menyampaikan materi tentang pemasaran. Acaranya cukup eksklusif, dikemas dalam format seminar sehari di Hotel Gajah Mada Graha Kota Malang. Saya datang sedikit lebih awal, karena sebelumnya mengisi acara yang digelar oleh Lembaga YDSF Kota Malang yang lokasi penyelenggaraannya berdekatan, sehingga saya langsung menuju hotel untuk mempersiapkan diri dan banyak berbincang dengan penyelenggara tentang detail acara yang digelar.
Dalam perbincangan dengan penyelenggara, Saya baru menyadari bahwa si marketing mix yang kita bicarakan di awal kembali muncul disini. Sang penyelenggara acara memaparkan mengenai penerapan marketing mix di bisnis laundry, namun dengan 4+1P, wah, baru lagi ini.
ternyata di bisnis jasa seperti laundry dan beberapa bisnis jasa lain, 4P saja tidak cukup, diperlukan P yang ke-5, yakni person/people. Faktor SDM memegang peran penting, itulah kenapa sang rekan ini mau repot2 mengundang Tim SurpluS untuk khusus menggarap masalah SDM, yakni P yang kelima tersebut.
Kelima P dalam marketing mix ini memegang peranan penting yang sifatnya saling melengkapi, completing one each other. Yang ternyata beberapa waktu berikutnya saya temukan penguat teorinya dalam buku tulisan Ellies Sutrisna tentang pengembangan bisnis yang tidak hanya membahas 5, tapi 7 P! Baru lagi ini.
Berikut 7 P yang dimaksud :
- People
- Product
- Positioning
- Price
- Packaging
- Place
- Promotion
with regards,
Faizal SurpluS MBA
Motivator | Pendiri SurpluS
www.surplusindonesia.com
0 respon:
Posting Komentar